Pantai Watu Kodok – Review, Info Lokasi, & Harga Tiket Masuk

📷 Instagram dari : @roh_kyt
Pantai Watu Kodok – Halo sobat PantaiPedia ? Sudah tahu mengenai Pantai Watu Kodok ? Bukan Pantai Kodok Lamongan yaa gaess. Belakangan ini pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Jelas alasan utama ialah karena panorama alam pantai yang sangat memanjakan mata. Nah, di kesempatan kali ini tim PantaiPedia akan mengulas lebih dalam mengenai Pantai Watu Kodok ini.

Dan tak usah berlama-lama, yukk langsung saja kita simak ulasan Pantai Watu Kodok dibawah ini :

Karakteristik Pantai Watu Kodok

Selayaknya pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, satu hal yang pasti dari Pantai Watu Kodok ini adalah deburan ombak yang cukup lumayan, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Ombak yang tidak terlalu besar ini tercipta lantaran di bibir pantai ini bisa dengan mudah kalian temuka batu-batu karang yang berjajar rapi baik dari yang berukuran kecil hingga ukuran yang besar.

Tentu nama pantai sangat menggambarkan karakteristik yang ada di pantai itu sendiri memang. Namun dari beberapa sumber terpercaya, nama Watu Kodok diambil bukan karena di pantai ini terdapat banyak batu karang, melainkan memang ada sebuah batu yang berbentuk mirip katak (dalam bahasa jawa Kodok) makanya nama pantai ini disebut sebagai Pantai Watu Kodok.

Uniknya, Watu Kodok ini dianggap keramat oleh para penduduk setempat karena selain bentuknya yang unik, letak batu ini terdapat di dalam sebuah goa di arah barat Pantai Watu Kodok ini. Bahkan untuk memasuki goa tersebut saja harus menunggu air laut surut terlebih dahulu karena akses yang bisa dikatakan masih sangat sulit.

Nahh, para pelancong yang datang kesini seolah tidak terlalu memperhatikan kenapa nama pantai ini dinamai Watu Kodok, karena mereka seolah sudah terhipnotis dengan pemandangan Pantai Watu Kodok yang sangat mempesona. Di Pantai ini sudah menjadi tempat wisata umum dan para nelayan pun juga banyak menyandarkan kapalnya di bibir pantai.

Pantai Watu Kodok juga memiliki garis pantai yang lumayan panjang dengan pasir putih yang bersih sebagai pelengkap dari keindahan pantai ini. So, di pantai ini para pengunjung dapat bermain air di bibir pantai jika ombak masih bisa dikatakan aman. Dan tentunya tetap waspada dan jaga keselamatan yaa dengan menggunakan peralatan lengkap.

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Karena Pantai Watu Kodok sudah dikelola dengan cukup baik, maka kamu tak perlu khawatir jika berkunjung ke pantai ini. Sebab di Pantai Watu Kodok kamu akan dapat dengan mudah menemukan para pedagang kaki lima penjual makanan dan minuman atau warung-warung yang tak jauh dari pantai.

Kamar mandi hingga tempat parkir yang luas juga tersedia di Pantai Watu Kodok ini. So, kalau kamu berniat hanya beberapa jam saja menikmati pemandangan alam yang ada di Pantai Watu Kodok kamu tak perlu membawa bekal yang banyak ya gaess. Tapi kalau kalian ingin ngecamp di bibir pantai ini juga bisa kok asal membawa peralatan camping sendiri yaa.
📷 Instagram dari : @supernorcho

Selain itu, akses menuju Pantai Watu Kodok juga cukup mudah kok karena juga dekat dengan akses menuju Desa Banjarejo tempat Pantai Watu Kodok berada. Hal ini semakin membuat Pantai Watu Kodok menjadi salah satu pantai yang cukup rekomen untuk dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Ohh iya, satu lagi pengelola setempat juga menyediakan beberapa tempat nongkrong yang asik lohh disekitar Pantai Watu Kodok ini. Salah satunya adalah deretan pendopo tradisional yang ada di atas bukit di sekitar Pantai Watu Kodok. Dari pendopo ini kalian bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari atas bukit sehingga terlihat lebih jelas gaess.

Lokasi, Rute, dan Peta Pantai Watu Kodok

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa Pantai Watu Kodok terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai ini juga berada cukup dekat dengan Pantai Greweng Jepitu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika diakses dari pusat Kota Yogyakarta, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 1 Jam 40 Menit untuk bisa sampai ke Pantai Watu Kodok karena jarak diantara keduanya adalah sejauh 60 KM. Akses paling dekat yaitu melewati Jalan Pantai Selatan Jawa, dan kurang lebih seperti ini peta dan lokasi Pantai Watu Kodok menurut si Mbah Google Maps :


Karena rute tercepat adalah melalui Jalan Pantai Selatan Jawa, maka rute yang akan kalian tempuh kurang lebih melewati jalan ini :

Pusat Kota Yogyakarta --> Jl. Imogiri Barat , --> Jl. Imogiri Siluk , --> Jl. Siluk Panggang , --> Jl. Raya Panggang Wonosari, --> Jl. Pantai Sel. Jawa ke Jl. Watu Kodok di Kemadang.

Selain melewati Jalan Pantai Selatan Jawa, kalian juga bisa melewati rute lainnya yakni melalui Jalan Nasional III, dan tentunya dengan jarak yang sedikit lebih jauh.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Perkiraan harga tiket masuk Pantai Watu Kodok sendiri berkisar Rp.10.000,- per orang. Harga yang wajar dan di pantai-pantai lain juga sudah menerapkan biaya retribusi yang sama termasuk Pantai Wedi Ombo Balong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan harga tiket tersebut tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan fasilitas lainnya yaa gaess.

Dan usai sudah pembahasan kita mengenai Pantai Watu Kodok ini. Jangan lupa bawa kembali sampah kalian dan juga tetap jaga kelestarian alam yaa, cek informasi pantai lainnya hanya di PantaiPedia.com, terima kasih :)


EmoticonEmoticon