Pantai Maron Semarang – Review, Info Lokasi, & Harga Tiket Masuk

Pantai Maron Semarang - Halo sobat Semarang, PantaiPedia.com sudah sampai di Semarang nih untuk menjelajahi pantai pantai di Semarang yang cantik dan eksotis. Sebagai salah satu kota yang cukup padat di Indonesia, Semarang ternyata juga memiliki beberapa pantai yang cukup bagus yang bisa menjadi destinasi wisata di Kota Lumpia ini. Letaknya yang berada di pesisir utara pulau Jawa membuat Semarang di anugerahi beberapa jenis pantai dengan kultur alam yang berbeda-beda, salah satunya adalah Pantai Maron ini.

Pantai Maron memang sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Semarang dalam menghabiskan masa liburan, entah itu di akhir pekan atau memang kala musim liburan tiba seperti liburan akhir dan awal tahun, atau liburan pasca Hari Raya Idul Fitri serta liburan di hari-hari besar lainnya.

Letaknya yang juga tak jauh dari pusat kota Semarang membuat pantai ini mudah di capai dari sudut manapun di Kota Semarang. Nah, daripada berlama-lama, yuk simak dibawah ini ulasan PantaiPedia.com mengenai Pantai Maron Semarang ini, cekidot :

📷 Instagram dari :@choifatul_assima

Karakteristik Pantai Maron Semarang :

Pantai Maron Semarang sendiri memiliki dua tipe pesisir pantai. Yang pertama adalah pantai dengan kultur pasir hitam, dan yang kedua adalah pantai dengan hutan mangrove yang sangat luas didalamnya. Khusus untuk hutan mangrove Pantai Maron Semarang ini, hutan ini adalah hasil kerja keras Pemerintah Kota Semarang dalam menyediakan kawasan edukasi bertemakan alam. Terlebih lagi adanya hutan mangrove juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah menanggulangi erosi.

Di kawasan pasir hitam Pantai Maron Semarang ini sudah dikelola dengan cukup baik sehingga di pinggi-pinggir pantai kalian akan dengan mudah menemukan warung-warung penjual makanan dan minuman yang bisa kalian nikmati sampil menikmati angin yang sejuk dari arah pantai ini.

Namun sayangnya, keberadaan warung-warung penjual makanan dan minuman ini nampaknya menjadi pisau bermata dua, meski memiliki dampak yang cukup baik karena mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat disekitar Pantai Maron Semarang, namun hal ini justru membuat pantai dan air laut semakin tercemar akibat limbah sampah dari para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini.

Hal ini bisa dengan jelas kalian saksikan saat berkunjung ke Pantai Maron Semarang ini karena memang disini peraturan untuk tidak membuang sampah sembarang memang tidak begitu ketat diterapkan oleh pengelola setempat. Alhasil, waktu terbaik untuk dapat mengunjungi Pantai Maron ini adalah pada saat sore hari dimana senja sudah mulai terbenam.

Pantai Maron Semarang – Info Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
📷 Instagram dari : @dkapermana

Dan hal inilah memang yang menjadi keunggulan dari Pantai Maron Semarang ini yaitu adanya pemandangan sunset atau matahari terbenam disaat senja sedang menyapa. Pemandangan ini menjadi salah satu incaran utama para fotografer ketika mengunjungi Pantai Maron ini karena dengan ini sampah-sampah akan tidak terlihat jelas.

Ada juga kawasan Hutan Mangrove yang menjadi destinasi wisata edukasi yang populer di Semarang. Selain bisa menyajikan spot foto dengan pemandangan yang bagus, dengan banyaknya mangrove disini udara disekitar sini memang sangat segar sekali. Sangat berbeda jauh dengan pusat kota Semarang yang memang sudah semakin banyak polusi udara.

Fasilitas Pantai Maron Semarang

Karena sudah menjadi tempat wisata masyarakat umum, segala fasilitas yang ada di Pantai Maron Semarang ini juga sudah lengkap dan sangat memadai. Tempat parkir yang luas serta aman, toilet yang banyak serta beberapa wahana permainan tambahan seperti berkeliling pantai dengan perahu kayu juga ada di Pantai Maron ini. Untuk dapat menikmati pemandangan Hutan Mangrove dan juga laut Pantai Maron dengan perahu kayu tersebut, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,- saja, sangat murah sekali bukan ?

📷 Instagram dari :@mas.tyar


Lokasi dan Rute Pantai Maron Semarang

Pantai Maron Semarang ini terletak di sebelah barat Kota Semarang, tepatnya di sekitar muara Sungai Silandak, hal ini membuat Pantai Maron bisa ditempuh dari dua tempat, yakni dari Perumahan Graha Padma, Krapyak dan juga dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Lokasi ini juga menjadi lokasi mangrove Edupark Semarang.

Namun jika kalian mengakses Pantai Maron dari pusat kota Semarang, berikut ini rute tercepat yang harus kalian tempuh yakni sejauh 10 KM dengan estimasi waktu kurang lebih 45 Menit. Berikut rute menuju Pantai Maron West Semarang Jawa Tengah:
Kawasan Simpang Lima Semarang -> Jl. Pandanaran -> Jl. Jenderal Sudirman -> Jl. Bandara Jendral Ahmad yani di Gisikdrono -> Lurus ke Pantai Maron Semarang.


Jika kurang jelas, kalian bisa mengikuti pantai Maron Semarang Map dari Google Maps diatas.

Harga Tiket Masuk Pantai Maron Semarang

Harga tiket masuk ke Pantai Maron Semarang ini bisa dibilang masih sangat murah loh gaess, kurang lebih sebesar Rp. 5.000,- saja. Biaya retribusi tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan biasanya untuk sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 3.000,- dan mobil sebesar Rp. 10.000,-. Nah, sangat murah bukan untuk liburan bersama keluarga ?

Dan sekian ulasan dan review kita mengenai Pantai Maron Semarang ini. Share pengalaman mantai mu di email kami pada bagian footer dibawah ini dan akan kami post di PantaiPedia.com, cek juga informasi pantai-pantai cantik di Indonesia lainnya hanya diblog ini ya gaes, terima kasih :)


EmoticonEmoticon