Piknik di Pantai Gesing – Review, Info Lokasi, & Harga Tiket Masuk

📷 Instagram dari : @riliahp
Pantai Gesing - Membicarakan tentang Yogyakarta, tentu membahas salah satu daerah yang diistimewakan di Indonesia ini tidak akan ada habisnya karena selalu ada sejuta cerita menarik dari Yogyakarta yang selalu enak untuk kita simak.

Selain daerahnya yang cukup istimewa, pemandangan alam di Yogyakarta juga tak kalah istimewa terlebih lagi di daerah pesisir selatan seperti Gunungkidul dan Kulonprogo dengan pemandangan alamnya yang sangat rupawan.

Nah, di Gunungkidul selain Pantai Nguyahan yang cantik dan telah kita bahas sebelumnya, ada juga pantai cantik lainnya yang cukup jarang terekspose di media yaitu Pantai Gesing.

Sebuah pantai yang berada di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan dua panorama alam sekaligus yaitu pantai berpasir putih dan juga tebing-tebing karang yang cukup tinggi yang akan kita bahas lebih detail pada perjumpaan kita kali ini. Dan tak perlu bertele-tele, yuk segera kita bahas review mengenai Pantai Gesing dibawah ini :

Karakteristik dan Pantai Gesing

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Pantai Gesing ini menawarkan dua keindahan alam sekaligus. Panorama keindahan alam yaitu pantai berpasir putih halus dengan laut biru yang tak pernah bosan menyapu bibir-bibir pantai.

Sedangkan panorama keindahan alam yang kedua adalah tebing-tebing karang yang juga bisa dikatakan sebagai bukit-bukit yang mengelilingi Pantai Gesing ini.

Jadi dengan adanya bukit-bukit ini kalian bisa menikmati pemandangan pantai tanpa perlu berbasah-basah di bibir pantai berpasir. Dari tebing-tebing ini jugalah yang membuat banyak dari para pelancong yang datang ke Pantai Gesing ini mendapatkan spot-spot berfoto yang bagus yang selalu menjadi buruan para fotografer.

Hal ini membuat seolah Pantai Gesing menjadi salah satu pantai tersembunyi di wilayah pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta karena letaknya yang memang diapit oleh dua bukit besar.

Namun, saat ini Pantai Gesing sudah tidak tersembunyi lagi karena cukup mudah di akses oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat sehingga kian lama Pantai Gesing ini selalu saja ramai oleh para wisatawan. Yukk simak video pemandangan alam yang keren dari Pantai Gesing dibawah ini :

📷 Instagram dari : @irosetiyawan_34

Seperti yang telah kalian lihat pada gambar video diatas, bahwa di Pantai Gesing ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk sehingga akses untuk menuju ke pantai ini bisa dikatakan sangat mudah.

Karena cukup dekat dengan pemukiman penduduk, maka di pantai ini kalian bisa menyaksikan puluhan kapal-kapal nelayan yang berjejer di bibir pantai kala siang hari dimana kapal ini selain digunakan untuk mencari ikan juga akan membawa para wisatawan berkeliling disekitar Pantai Gesing.

Hal ini jelas menjadi keunggulan tersendiri bagi Pantai Gesing yang jarang kamu dapati di pantai-pantai di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta lainnya khsususnya di daerah Kabupaten Gunungkidul.

Keunggulan lainnya adalah ombak yang ada di Pantai Gesing ini tidak terlalu besar karena memang letaknya yang berada di teluk membuat ombak ganas laut selatan lebih banyak menghantam perbukitan dan batu karang.

Pantai Gesing juga menjadi salah satu pantai sasaran dari para pemancing karena memang disini tersedia beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk memancing. So, masihkan kamu meragukan keindahan alam yang ada di Pantai Gesing ini ? ketika berkunjung ke pantai ini, tetap berhati-hati yaa teman.

Fasilitas Pantai Gesing

Meski dalam saat ini tak ada fasilitas yang muluk-muluk yang dimiliki oleh Pantai Gesing, namun pengelolaan dari warga setempat dimana pantai ini berada bisa dikatakan cukup memadai. Bahkan untuk mencapai Pantai Gesing ini bisa di akses dengan jalan kaki dari jalan raya.

Di sekitar bukit di Pantai Gesing juga disediakan jalan setapak guna menelusuri area perbukitan agar para wisatawan bisa mendapatkan spot foto dengan background pantai atau laut lepas dengan cukup baik.

Lokasi dan Rute Pantai Gesing



Pantai Gesing ini tepatnya berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga pantai ini berada cukup dekat dengan pantai Panggang Gunung Kidul.

Jadi jarak antara Pantai Gesing dengan pusat kota Yogyakarta sebenarnya tidak terlalu jauh yakni sejauh 44.2 KM yang bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu selama 1 Jam 15 Menit saja.

Dengan jalan yang bagus dan tidak terlalu jauh, jelas akan sangat mudah sekali menjangkau Pantai Gesing ini meski dari pusat Kota Yogyakarta sekalipun. Dan jika kalian memulai rute dari pusat Kota Jogja, kalian harus melewati Jl. Siluk Panggang sebagai rute tercepat, dan berikut ini penjelasan rute mendetailnya :
Pusat Kota Jogja -> Jl. Imogiri Barat -> Jl. Imogiri Siluk -> Jl. Siluk Panggang -> Jl. Siluk Panggang Utama / Jl. Raya Panggang Wonosari ke Girimulyo -> Girikarto
Jika petunjuk rute tersebut kurang jelas, kalian bisa mengikuti petunjuk dari peta Google Maps diatas.

📷 Instagram dari : @pinkanbeby34


Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Untuk saat ini kalian tak akan dimintai biaya sedikitpun untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Pantai Gesing ini.

Pasalnya di pantai ini memang belum ada pengelola resmi yang berkenan mengelola pantai yang cantik ini. Namun meski begitu secara tidak langsung masyarakat Desa Girikarto lah yang menjadi pengelola Pantai Gesing ini.

Lihat saja, bagaimana kesadaran para wisatawan serta peran penting masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan yang ada di Pantai Gesing ini. So, tetap jaga kebersihan yaa gaes.

Sedangkan untuk lahan parkir, kalian bisa menaruh kendaraan dengan aman di sekitar pantai ini, dengan catatan selalu siapkan kunci ganda ya karena tidak ada penanggung jawab resmi.

Dan usia sudah review kita mengenai Pantai Gesing, next kita juga akan mereview Pantai Pundong dan juga simak review-review pantai menarik lainnya hanya di PantaiPedia.com, terima kasih :)

This Is The Newest Post

2 komentar

[…] Istimewa Yogyakarta. Di sebelah barat pantai ini juga terdapat pantai yang tak kalah cantik yaitu Pantai Gesing yang sudah kita review sebelumnya. Perhatikan gambar peta Pantai Ngeden dari Google Maps dibawah […]

[…] satu spot pantai favorit di Yogyakarta meski letaknya tak berdekatan dengan jalan raya seperti Pantai Gesing, dan juga Pantai Kesirat yang kebetulan masih berada di satu desa yang […]


EmoticonEmoticon