Pantai Gondo Mayit – Review, Info Lokasi, & Harga Tiket Masuk

📷 Instagram dari : @nafiatulilma
Pantai Gondo Mayit - Setelah kita membahas beberapa jenis pantai yang cantik di Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah saatnya kita juga akan membahas pantai-pantai menarik dan eksotik lainnya yang ada di Jawa Timur mengingat Provinsi paling timur Pulau Jawa ini bisa dikatakan sebagai surganya pantai-pantai cantik yang ada di Indonesia. Dan pantai di Jawa Timur pertama yang akan kita bahas adalah Pantai Gondo Mayit.

Ya, Pantai Gondo Mayit namanya. Mungkin memang agak terdengar sedikit menyeramkan namanya, namun dibalik itu semua Pantai Gondo Mayit menyimpan sejuta pesona yang tak kalah populer dengan pantai-pantai ternama yang ada di Indonesia. Dengan hamparan pasir putih yang sangat halus serta deburan ombak yang cukup besar membuat masyarakat Jawa Timur khususnya cukup mengenal dengan baik pantai ini meski ada dari mereka yang belum pernah mengunjungi Pantai Pasetran Gondo Mayit ini.

Akan tetapi dibalik itu semua, sesuai dengan namanya pantai ini memang menyimpan sejumlah misteri dan mitos yang cukup populer di kalangan masyarakat Blitar dan sekitarnya, tempat dimana Pantai Gondo Mayit ini berada. Namanya saja Pantai Gondo Mayit yang dalam bahasa Indonesia arti Gondo Mayit berarti Pantai Bau Mayat, tapi tenang saja disini tidak ada mayat kok, yang ada hanya pemandangan alam yang luar biasa indah serta beberapa mitos dan misteri yang menyertainya.
📷 Instagram dari : @blitarasyik


Sejarah Pantai Gondo Mayit

Berbeda dengan nama pantai-pantai lain di Indonesia yang diberi nama berdasarkan nama desa, ciri khas pantai, atau penemu pertama pantai tersebut, Pantai Gondo Mayit justru memiliki nama yang cukup seram yang sama sekali tidak menggambarkan keindahan alam yang luar biasa di pantai tersebut.

Menurut masyarakat sekitar, nama Pantai Gondo Mayit diberikan lantaran pada jaman dahulu kala saat masih dalam masa penjajahan, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat rakyat pribumi atau para penjajah itu sendiri. Namun itu tetaplah sejarah, meski memiliki nama yang cukup seram, akan tetapi nyatanya Pantai Gondo Mayit cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang tak hanya berasal dari Blitar saja.

Karakteristik Pantai Gondo Mayit

Sudah menjadi hal yang familiar jika Pantai Pasetran Gondo Mayit ini terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pantai ini bisa dikatakan masih cukup alami karena tidak ada pengelola resmi yang ingin mengelola tempat ini. Pantai Pasetran Gondo Mayit lebih banyak dikelola oleh masyarakat setempat yang memberikan beberapa fasilitas yang dibutuhkan seperti tempat parkir, papan petunjuk arah, kamar mandi dan lain sebagainya.

Selain memiliki pasir putih halus dan deburan ombak yang sangat memanjakan mata, letak Pantai Gondo Mayit yang di apit oleh dua bukit yang tinggi semakin menambah eksotisme pantai ini. Alasan ini pula lah kenapa Pantai Gondo Mayit bisa dikatakan masih sangat asri karena akses untuk menuju kesini juga bisa dikatakan tidak mudah.

Pantai Gondo Mayit – Informasi, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk
📷 Instagram dari : @bayubadrul
Kamu perlu mendaki bukit yang sebenarnya tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu sangat di sarankan bagi kalian yang ingin mengunjungi Pantai Gondo Mayit ini setidaknya memakai sandal atau sepatu yang layak untuk tracking guna menghindari kecelakaan yang tidak di inginkan. Dan di atas bukit ini sendiri terdapat satu makam yang tidak di kenal yang memang sudah lama berada di pantai ini.

Namun tenang saja, suasana agak mistis di puncak bukit akan langsung sirna jika melihat pemandangan Pantai Gondo Mayit yang sangat mempesona. Karena ombak yang cukup besar, pantai ini juga sering menjadi jujukan para surfer yang ingin merasakan sensasi surfing diatas ombak Gondo Mayit.

Lokasi dan Rute Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit sendiri berada tepat di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tak jauh dari pantai ini juga terdapat pantai cantik yang cukup populer di Blitar yaitu Pantai Tambakrejo dan Pantai Umbul Waru Blitar. Karnea letaknya yang dekat dengan Tulungagung, banyak masyarakat mengira pantai ini berada di Tulungagung atau Pasetran Gondo Mayit Tulungagung.

Di Pantai Tambakrejo sendiri fasilitasnya lebih lengkap mulai dari para pedagang makanan dan minuman, tempat parkir, hingga kamar mandi. Jarak antara Pantai Tambakrejo dan Pantai Gondo Mayit sendiri memang tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo dan bisa di akses dengan jalan kaki. Berikut ini peta menuju Pantai Gondo Mayit :


Karena jaraknya yang cukup dekat dengan Pantai Tambakrejo, saya sarankan untuk kalian yang ingin mengunjungi Pantai Gondo Mayit mengikuti rute menuju Pantai Tambakrejo saja, karena papan petunjuk menuju pantai tersebut lebih jelas. Rute paling mudah jika di akses dari pusat Kota Blitar adalah melewati Jalan Trisula menuju Pantai Tambakrejo yang berjarak sekitar 33,2 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 70 menit saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Gondo Mayit

Karena belum ada pengelola yang serius mengelola pantai eksotik ini, masyarakat setempat hanya menarik retribusi harga tiket masuk Pantai Gondo Mayit kurang lebih sebesar Rp. 5.000,- guna perawatan pantai tersebut. Mengingat semakin banyak wisatawan yang berkunjung kesini jika tidak dirawat secara intensif pantai ini jelas akan mudah tercemar oleh limbah para wisatawan. Harga tiket masuk tersebut juga tidak termasuk ke dalam harga parkir kendaraan serta fasilitas penunjang lainnya.

Yap, dan itulah ulasan singkat kita tentang seluk beluk Pantai Gondo Mayit, jadi kapan kalian akan liburan di pantai ini ? Jangan lupa juga cek informasi mengenai pantai-pantai cantik lainnya di Indonesia hanya di PantaiPedia.com ya gaes, matur suwun. :)


EmoticonEmoticon