Pantai Watu Ulo – Review, Info Lokasi, & Harga Tiket Masuk

Pantai Watu Ulo – Info Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
📷 Instagram dari : @iqbalscooter_97
Pantai Watu UloJika membicarakan mengenai pantai-pantai di sisi selatan Pulau Jawa, mungkin nampaknya tidak akan ada habisnya karena banyak sekali pantai disini yang sangat cantik dan eksotis yang tentunya akan sangat sayang sekali jika di lewatkan. Jika kita kemarin sudah membahas beberapa pantai yang ada di Blitar, sudah saatnya kita bergeser sedikit ke sebelah timur tepatnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sebab disini juga menjadi salah satu surganya pantai-pantai cantik yang ada di Jawa Timur. Salah satu yang paling terkenal di Kabupaten Jember ini adalah kawasan Papuma dimana disini terdapat sebuah teluk indah dengan pantai yang cantik juga dengan nama yang sama yaitu Pantai Papuma.

Akan tetapi di perjumpaan kita kali ini kita tidak membahas hal  tersebut, sebab ada satu pantai lagi di Jember yang juga tak kalah menawan dari Pantai Papuma yaitu Pantai Watu Ulo yang lokasinya memang tidak berjauhan dari pantai tersebut. Pantai Watu Ulo sendiri sering menjadi destinasi mantai pilihan lain jika seandainya Pantai Papuma cukup ramai oleh para wisatawan mengingat pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Jawa Timur.

Nah, daripada berlama-lama, yuk kita simak terlebih dahulu ulasan PantaiPedia.com mengenai Pantai Watu Ulo dan Papuma ini :

Karakteristik Pantai Watu Ulo

Mungkin ketika mendengar nama Pantai Watu Ulo untuk pertama kalinya pasti kalian memikirkan nama pantai yang cukup aneh. Yapp, saya pun juga memikirkan hal demikian mengingat nama pantai ini sebenarnya tidak cukup umum. Namun, ketika kalian sudah berkunjung ke Pantai Watu Ulo ini kalian pasti akan memahami kenapa pantai ini dinamai sedemikan pula.

Hal ini tak lain karena di pantai ini terdapat susunan batu yang begitu panjang dan tinggi dan juga susunan batu tersebut mengarah ke arah laut lepas. Susunan batu yang panjang dan tinggi ini pula lah yang cukup mirip dengan bentuk ular dimana arti dari Watu Ulo sendiri berarti Batu Ular.

Tak hanya bentuk susunan batu saja yang menyerupai ular, sebab karakteristik batu tersebut juga hampir mirip dengan sisik ular, maka jadilah nama Watu Ulo yang di jadikan nama pantai yang sangat cantik ini. Selain adanya bentuk batu yang cukup unik, namun bukan hal tersebut saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Watu Ulo ini.

Pasir putih dan beberapa gugusan pulau-pulau kecil di sekitar pantai ini serta deburan ombak yang cukup besar diyakini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin mantai di pantai ini. Karakter ini bisa di bilang cukup jarang di deretan pantai-pantai di sisi selatan Pulau Jawa.
📷 Instagram dari : @pagijember


Sejarah dan Mitos Pantai Watu Ulo

Kurang lebih penamaan nama Watu Ulo sama seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Namun ternyata usut punya usut penamaan Watu Ulo bukan hanya adanya susunan batu panjang yang mirip seperti ular saja. Sebab ada beberapa legenda dan mitos yang sudah lama beredar di sekitar masyarakat Jember mengenai Pantai Watu Ulo ini.

Ada dua legenda yang berkembang di tengah masyarakat Jember mengenai Pantai Watu Ulo ini. Namun yang paling populer ada pada zaman dahulu kala pantai ini dijaga oleh seekor ular raksasa yang bernama Nogo Rojo.

Karena memiliki tubuh yang besar, Nogo Rojo juga memiliki nafsu makan yang amat besar. Ia memakan semua hewan yang ada di sekitar pantai ini. Hingga pada suatu saat, datanglah dua orang pemuda bernama Raden Mursodo dan juga Raden Said. Masyarakat setempat meyakini Raden Said yang dimaksud adalah Sunan Kalijogo yang memang dikenal memiliki kesaktian melawan makhluk-makhluk halus.

Hingga pada suatu saat, dua pemuda ini memancing ikan di sekitar pantai tersebut dan mendapatkan satu ikan yang disebut sebagai ikan Mina. Namun Ikan Mina ini memohon kepada Raden Mursodo untuk melepaskan dirinya dengan imbalan ia akan merubah sisiknya menjadi emas. Dan akhirnya Raden Mursodo pun menyetujuinya dan melepaskan ikan tersebut kembali ke lautan.

Akan tetapi tak lama setelah kembali, Nogo Rojo memakan Ikan Mina tersebut. Hingga akhirnya Raden Mursodo naik pitam dan memotong Nogo Rojo menjadi tiga bagian. Karena terlalu besarnya, bagian-bagian Nogo Rojo ini terpisah sangat jauh. Letak kepala Watu Ulo diyakini berada di Grajakan, Banyuwangi, bagian badannya berada di Pantai Watu Ulo ini serta bagian ekornya diyakini berada di Pacitan.

Adanya legenda tentang ekor watu ulo di Pacitan ini karena di salah satu pantai di Pacitan memang ada gugusan batu yang mirip seperti Watu Ulo ini. Kondisi ini diperkuat dengan ukuran Watu Ulo yang sangat panjang sekali, bagian Watu Ulo yang berada di atas pasir memiliki panjang 500 meter, sedangkan yang berada di dalam pasir tidak diketahui hingga saat ini.

Selain itu, banyak dari mitos-mitos yang banyak beredar yang mengaitkan pantai ini dengan Watu Ulo Nyi Roro Kidul yang memang dikenal menjadi ratu di Pantai Selatan Pulau Jawa.
📷 Instagram dari : @vendyagung


Fasilitas Pantai Watu Ulo

Segala fasilitas yanga ada di Pantai Watu Ulo ini bisa di bilang sangat lengkap karena sudah dikelola dengan cukup baik. Bahkan disini sudah terdapat beberapa kursi pantai yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan Pantai Watu Ulo ini seperti pada gambar diatas. Begitu juga dengan beberapa fasilitas lain seperti tempat parkir, toilet, dan lain sebagainya semuanya ada lengkap lohh.

Lokasi dan Rute Pantai Watu Ulo



Gambar peta diatas adalah rute terbaik menuju Pantai Watu Ulo jika diakses dari pusat Kota Jember. Letak Pantai Watu Ulo yang berada di Desa Sumberejo, Ambulu, Kabupaten Jember membuat jarak pantai dari pusat kota ini hanya 43.6 KM saja. Dengan jarak yang cukup dekat kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 1 Jam saja jika diakses melalui Jalan Nasional III. Berikut ini rute terbaik dari Jalan Nasional III
Dari pusat Kota Jember -> Jl. Gatot Subroto -> Jl. Nasional III -> Jl. Semeru -> Jl. Kawi -> Jl. Jember - Ambulu -> Jl. Ambulu - Watu Ulo di Sabrang -> Jl. Papuma -> Jl. Watu Ulo di Desa Sumberrejo.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo

Karena sudah dikelola dengan cukup baik serta fasilitas di Pantai Watu Ulo yang semakin lengkap, perkiraan harga tiket masuk ke Pantai Watu Ulo dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,-. Biaya ini tidak termasuk ke dalam beberapa fasilitas yang di sewakan atau tempat parkir yang ada disana.

Nah, dan demikianlah ulasan PantaiPedia.com mengenai Pantai Watu Ulo ini. Jangan lupa cek informasi pantai-pantai yang ada di Indonesia lainnya hanya di PantaiPedia.com yaa teman, Terima Kasih :)


EmoticonEmoticon